Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadi Tuan Rumah KSR. PMKRI Kapuas Hulu: Kami akan berikan yang terbaik

 

Foto: DPC PMKRI Cabang Kapuas Hulu Periode 2022-2024

Verbivora.com, Putussibau, Komisaris Daerah (Komda) merupakan perpanjangan tangan pengurus pusat PMKRI di daerah yang bertugas untuk mengkoordinir cabang dan calon cabang yang ada di wilayah regionalnya.  Adapun program strategis Komda adalah Konferensi Studi Regional (KSR). Konferensi Studi Regional atau disingkat KSR merupakan salah satu bagian dari pembinaan formal berjenjang yang ada dalam tubuh PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia). Konferensi Studi Regional merupakan forum ilmiah membahas isu-isu strategis yang ada di regio.

Kegiatan KSR kali ini diselenggarakan oleh KOMDA VII Regio Kalimantan Barat, bertempat di Kabupaten Kapuas Hulu, Kota Putussibau. Dengan tema: Menakar IKN dalam Implementasi Pembangunan Berkelanjutan Di Kalimantan Baratdalam kesempatan ini PMKRI Cabang Kapuas Hulu Santo Yohanes Don Bosco ditunjuk sebagai tuan rumah KSR 2023. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 18 september- 22 september 2023.

Ketua Panitia pelaksana KSR, saudara Yohanes Pande Sio (14/9/2023)  mengatakan, Persiapan-persiapan kepanitian sudah menuju progres yang baik dan panitia sangat yakin dan siap untuk menyukseskan kegiatan KSR ini. “Kepanitian sudah menuju progres yang baik dan siap sukseskan KSR 2023.  Persiapan sudah mencapai 80% dan sudah mendistribusikan proposal ke cabang-cabang se-Kalimantan Barat untuk mendukung persiapan cabang dan calon cabang se-Kalimantan Barat yang akan hadir di kota Putussibau untuk sama-sama mensukseskan kegiatan KSR. kegiatan KSR kali ini diikuti oleh 8 Cabang dan 1 Calon Cabang diantaranya, Cabang Pontianak, Cabang Bengkayang, Cabang Ketapang, Cabang Sintang, Cabang Sungai Raya, Cabang Melawi, Cabang Sambas dan Calon Cabang Landak dan Cabang Kapuas Hulu. Karena itu kami selaku panitia akan lebih bekerja maksimal demi kesukseskan kegiatan ini,” ucapnya

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Presidium PMKRI Cabang Kapuas Hulu, Saudari Rosinta mengatakan sangat optimis dalam mensukseskan kegiatan KSR yang bertempat di Kapuas Hulu nanti. “KSR ini adalah kegiatan Nasional pertama ditingkat regio yang diselengarakan di  Cabang Kapuas Hulu, maka kami DPC bersama rekan-rekan panitia KSR 2023 sangat antusias sekali untuk berkerja sama agar kegiatan ini berjalan lancar. Delegasi yang akan hadir  diharapkan bisa berpartisipasi aktif dan serius dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan yang sudah di konsepkan karena kegiatan ini sangatlah penting. Berbicara mengenai Pembangunan Berkelanjutan yang berhubungan dengan Ibu Kota Negara (IKN) yang kita tau sendiri, dampak dari IKN sangatlah besar untuk Propinsi Kalimantan Barat sebagai propinsi penyangga IKN. Maka dari itu dengan terlaksananya KSR kali ini diharapkan dapat melahirkan rekomendasi-rekomendasi baru secara ilmiah yang menjadi sumbangsi pikiran PMKRI untuk Implementasi Pembangunan Berkelanjutan di Kalimantan Barat.

Hal lain juga disampaikan Yohanes Belen Wuwur, selaku Komisarias Daerah (Komda) VII Regio Kalimantan Barat, terkait tema besar kegiatan KSR dan bebrapa poin yang menjadi acuan saat FGD.  "Kegiatan KSR kali ini mengusung tema umum Menakar IKN dan Implementasi Pembangunan Berkelanjutan di Kalimantan Barat dengan Sub Tema Peran-Peran Strategis Pemuda dalam Mengarustamakan Pembangunan Berkelanjutan. Pada aspek Ekonomi akan fokus berbicara tentang ketahanan pangan lokal dan kemandirian ekonomi sedangkan pada aspek sosial budaya yaitu terkait hak tenurial, mempertahankan adat budaya serta akses ekonomi,  kemudian aspek lingkungan akan fokus pada kebijakan pemerintah tentang Kabupaten Konservasi dan Izin pertambangan Rakyat (IPR)”.

 “Saya mengharapkan persiapan materi dari cabang dan calon cabang dapat diusahakan sebaik mungkin untuk diperdebatkan secara elok dan melahirkan rekomendasi serta inovasi strategis yang nantinya akan disampaikan kepada pemerintah propinsi dan kabupaten menjadi acuan untuk melahirkan kebijakan-kebijakan yang pro terhadap masyarakat luas yang ditilik dari kacamata para pemuda terkhusus PMKRI.” Tutur yance.

Lanjut Komda Kalbar, “Terkait persiapan kegiatan KSR 2023 sudah maksimal. Pihak panitia sudah bekerja keras demi mensukseskan kegiatan ini, meskipun kegiatan ini merupakan program nasional yang baru pertama kali di laksanakan kota Putussibau ini namun DPC PMKRI Cabang Kapuas Hulu tetap optimis untuk memberikan yang terbaik. Tutup Yanche.

 Editor : Cornelius Sungkalang (Kader PMKRI)


Posting Komentar untuk "Jadi Tuan Rumah KSR. PMKRI Kapuas Hulu: Kami akan berikan yang terbaik "