Beranda Update PMKRI Langgur Melaksanakan Pelatihan Kesekretariatan Berbasis Teknologi

PMKRI Langgur Melaksanakan Pelatihan Kesekretariatan Berbasis Teknologi

0
PMKRI Langgur Melaksanakan Pelatihan Kesekretariatan Berbasis Teknologi
PMKRI Langgung Melaksanakan Pelatihan Kesekretariatan Berbasis Teknologi

Langgur, Verbivora.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Langgur melaksanakan pelatihan kesekretariatan berbasis teknologi dengan tema Pengelolaan Administrasi Organisasi di Era Revolusi Industry 4.0.

PMKRI adalah Organisasi Kaderisasi yang dibentuk berdasarkan hasil fusi dari Katolik Student Vereniging (KSV) dan Perserikatan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Jogjakarta yang didirikan pada 25 Mey 1947 di Jogjarakta. 

PMKRI dalam seluruh orientasi dan seluruh pergerakannya berasaskan Pancasila dijiwai oleh nilai-nilai kekatolikan dan disemangati oleh semangat kemahasiswaan dengan Visi terwujudnya keadilan sosial kemanusiaan dan persaudaraan sejati. 

Misi berjuang dengan terlibat dan berpihak pada kaum tertindas melalui kaderisasi intelektual populis demi terwujudnya keadilan sosial kemanusiaan dan persaudaraan sejati. 

Dalam mengimplementasi visi dan misi organisasi yang tertuang dalam aturan konstitusional Organisasi, PMKRI bergerak dibidang kemahasiswaan, kerohanian, dan kemasyarakatan. Segala proses, dinamika dan perjuangan yang terus berlangsung. 

Kini, tibalah PMKRI pada Era dimana sebagian besar pekerjaan manusia diambil alih oleh teknologi era Revolusi Industry 4.0.

Revolusi Industry 4.0 adalah tren otomatisasi dan pertukaran dalam teknologi manufaktur. Ini termasuk sistem chyber-physical, internet ofthings, komputasi awan, dan komputasi kognitif. 

Era ini pada awalnya telah diperkenalkan di Jerman sejak 2011. Beberapa teknologi utama yang mendukung implementasi industry 4.0 adalah intelgensi buatan, human machine interface, IoT, robot, dan teknolgi 3D. 

Menurut PMKRI Cabang Langgur, menjadi sebuah tantangan  yang mau tidak mau kita akan lewati bersama. Namun sebagai mahasiswa, kita harus mampu melihat ini sebagai peluang dan sebagai organisasi kaderisasi kita dituntut untuk terus berinovasi dan bertransformasi sesuai kebutuhan dan perkembangan yang ada.

PMKRI harus mampu menata dan mengelola admnistrasi organisasi secara digital. Hal ini yang mendorong Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PMKRI Cabang Langgur untuk melaksanakan Pelatihan Kesekretariatan dengan mengusung tema Pengelolaan Administrasi Organisasi di Era Revolusi Industry 4.0 tahun 2021, dalam rangka menindaklanjuti program kerja periode 2018-2020.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui virtual diskusi, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjend) PMKRI Cabang Langgur Marius Lutfi Rahanau dan Sekjend Pengurus Pusat (PP) PMKRI Periode 2020-2022 sebagai narasumber.

Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 15:00 sampai 17:00 WIT, dalam pemaparan materi, narasumber juga menjelaskan dengan sangat baik tentang teknik penulisan surat yang baik dan benar menurut mekanisme penulisan surat PMKRI. 

Peserta terpantau sangat semangat dan mengikuti dengan baik setiap penjelasan dan pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber walaupun dalam perjalanan diskusi terdapat gangguan jaringan internet, namun tidak mengurangi semangat peserta dalam mengikuti sesi diskusi yang berlangsung.

Jumlah peserta yang terdaftar pada kegiatan sejumlah 42 peserta. Mereka mengikuti dari Margasiswa PMKRI Cabang Langgur, rumah, kos, kampus, dan beberapa tempat lain. Sedangkan 26 peserta lainnya yang tidak memiliki komputer ataupun Handphone pribadi, menggunakan fasilitas yang disediakan oleh DPC.

Kegiatan diskusi dan pelatihan ditutup dengan ucapan terima kasih yang disampaikan oleh sekjend mewakili DPC dan seluruh keluarga besar PMKRI Cabang Langgur.

“Kami menyampaikan Apresiasi dan terima kasih kepada Pengurus Pusat PMKRI Santo Thomas Aquinas Periode 2020-2021 terkusus Saudari Tri Natalia Urada Selaku Sekretaris Jenderal PP PMKRI Periode 2020-2021 yang saudah berkenan menjadi Narasumber,” tutup Marius. *(AR)

PMKRI Langgung Melaksanakan Pelatihan Kesekretariatan Berbasis Teknologi