Beranda Opini Korupsi di Tengah Pandemi Covid-19

Korupsi di Tengah Pandemi Covid-19

0
Korupsi di Tengah Pandemi Covid-19

Maumere, Verbivora.com – Perhimpunan Mahasiswa Katholik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Maumere St. Thomas Morus bersama Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero gelar diskusi tentang korupsi di tengah pandemi, Kamis (30/9). 

Kegiatan ini di inisiasi oleh Presidium Hubungan Perguruan Tinggi (PHPT) PMKRI Maumere Paulus Djie Mbomba, berkolaborasi dengan Ketua Senat Mahasiswa STFK Ledalero Sarnus Joni Harto, dan dihadiri oleh sekitar ratusan peserta yang terlibat aktif, di Kampus STFK Ledalero.

Diskusi ini menarik mengingat tindakan banalitas korupsi di tengah pandemi menjadi salah satu fenomena klasik yang perlu dibicarakan serius tentang upaya penindakan dan pencegahan ditengah situasi ekonomi bangsa yang kian merosot.

Baca juga: Satpol PP Lakukan Tindakan Anarkis, PMKRI Maumere: Copot Kasatpol PP

Paulus Djie Mbomba mengatakan, tindakan korupsi merupakan sebuah kejahatan HAM extraordinary yang sangat merugikan masyarakat umum dan pemerintah mesti menindak secara tegas tanpa mempertimbangkan faktor kepentingan dan sebagainya. 

“Mahasiswa sebagai agen of change mesti menjadi watcdog yang bisa mengontrol dan menggonggongi sistem yang korup, mengingat para praktisi politik kita hari ini mengalami apa yang disebut kegagapan aksiologis, ketimpangan antara perkataan dan perbuatan,” tuturnya.

Hal senada sampaikan oleh Sarnus Joni Harto, sebelum zaman moderen, korupsi dimengerti sebagai kemerosotan (degenerasi) dan merupakan penyelewengan terhadap jabatan publik.

Baca juga: PMKRI Maumere Soroti Transparansi Dana Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka

“Langkah preventif yang perlu di gerakan adalah upaya transformasi kebudayaan, perubahan sistem, dan peningkatan peran kontrol politik dari masyarakat sipil,” ungkapnya.

PMKRI Maumere melalui Ketua Presidium Flavianus Nong Raga, mengapresiasi semua pihak yang terlibat menyukseskan kegiatan diskusi tersebut. 

“Kami berharap diskusi ini berdampak positif bagi semua elemen mahasiswa untuk bersama mengontrol kebijakan pemerintah, yang menyimpang dari asas-asas yang mengutamakan kepentingan bersama dan perlu adanya edukasi anti korupsi di usia dini,” tutupnya. *(AR)

PMKRI Maumere Gelar Diskusi: Korupsi di Tengah Pandemi Covid-19
PMKRI Maumere Gelar Diskusi: Korupsi di Tengah Pandemi Covid-19